Beberapa Gerakan untuk Olahraga Wanita Hamil Demi Mudahnya Persalinan

Kehamilan merupakan salah satu momen dalam hidup yang paling membahagiakan. Tentunya segala yang terbaik diusahakan sehingga momen kelahiran nantinya bisa lancar. Memang kehamilan kerapkali membuat tubuh menjadi cepat sekali lelah sehingga membuat banyak wanita hamil kerap lebih suka berbaring dan tidur saja. Padahal dengan bergerak secara aktif, maka kekuatan otot tubuh akan menjadi lebih baik demi persiapan untuk kelahiran nantinya. Olahraga wanita hamil sangat disarankan bagi para Ibu hamil sehingga bisa selalu sehat dan bugar.

Salah satu olahraga yang amat populer adalah senam hamil dimana sudah banyak yang melakukannya. Dengan senam hamil, maka sistem cardiovascular dari wanita hamil akan menjadi terjaga. Selain itu, fleksibilitas serta kekuatan otot akan terbentuk. Bagi Anda yang ingin mengikuti senam hamil, maka bisa dilakukan ketika usia kandungan berapapun juga. senam hamil sendiri tentu berbeda dengan senam aerobik yang ritmenya tinggi. Senam hamil cenderung lebih lembut dan pelan sehingga aman untuk para Ibu hamil.

Bergabung di kelas senam hamil menjadi pilihan tepat olahraga wanita hamil sehingga ada instruktur yang menjaga dan memberikan instruksi. Namun jika di sekitaran Anda tidak ada kelas senam hamil, maka melakukan sendiri di rumah juga bukan menjadi masalah. Berikut ini adalah beberapa gerakan yang bisa Anda jadikan panduan:

  • Push up dinding

Gerakan mudah ini bisa memperkuat otot trisep dan juga otot dada serta bagian lengan atas. Tahap gerakannya juga mudah karena Anda bisa memulai dengan berdiri menghadap ke tembok dengan kedua tangannya lurus sejajar menyandar ke dinding. Selanjutnya buka kaki dan usahakan sejajar bahu. Tekuk siku Anda perlahan lalu dekatkan hingga dada dan dagu mendekat di dinding. Jagalah sehingga punggung bisa lurus. Kembali lagi ke posisi semula dan lakukan 15 kali.

  • Jongkok

Senam jongkok juga bisa membantu Anda agar bisa lebih mudah ketika membuka jalan lahir untuk bayi. Pastikan miliki bola senam sehingga lebih mudah. awali dengan berdiri membelakangi dinding menghimpit bola senam di punggung dan dinding. Jangan lupa membuka kaki sedikit dan mulai turunkan badan hingga membentuk sudut 90 derajat dan kembali lagi ke posisi Anda semula. Ulangi sampai 10 kali.

  • Senam lantai

senam yang satu ini akan membantu untuk bisa memperkuat otot perut dan punggung. Tahapannya adalah dengan mengambil posisi seperti kursi 90 derajat dengan tangan lurus. Lalu angkat dan lurus kakis sejajar punggung. Tahan dulu sebentar lalu ganti kaki satunya dan ulangi hingga 10 kali.

Itulah beberapa olahraga wanita hamil dengan senam yang bisa dilakukan di rumah. Melakukannya gampang, namun manfaat untuk persiapan melahirkan luar biasa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>