Bahaya Cedera Engkel Jika Tidak Segera Ditangani

Otot kaki menjadi salah satu yang sangat penting sekali dan sebenarnya bisa dibilang sangat rawan juga mengalami cedera. Salah satu cedera yang banyak terjadi adalah cedera engkel maka dari itu kita harus pastikan bahwa cedera ini tidak terjadi pada diri kita. Jenis cedera ini sering kali terjadi pada beberapa olahragawan yang memiliki kaki yang sering berlatih di lapangan. Pada dasarnya engkel ini juga cukup berbahaya jika di diamkan begitu saja, maka dari itu kita harus bisa menangani dengan baik.

Untuk Anda yang ingin mengatasi permasalahan engkel ini, maka sebenarnya ada beberapa penanganan yang bisa dilakukan dengan baik. Berikut ini adalah cara mengatasinya antara lain:

Bahaya Cedera Engkel Jika Tidak Segera Ditangani

  1. Membalut, Anda yang mengalami cedera ini bisa membalut kaki menggunakan perban khusus untuk menghindari cedera semakin parah. Pada saat membalut kaki ini bisa dilakukan selama kurang lebih 1 minggu agar cedera bisa segera sembuh.
  2. Kompres air es, ini merupakan penanganan pertama yang bisa dilakukan jika Anda mengalami engkel. Karena jika mengalami engkel ini harus segera menanganinya dengan baik dengan menggunakan air es maka akan segera hilang bengkaknya.
  3. Minum obat, ada beberapa orang yang untuk meredakan cedera ini meminum obat khusus untuk cedera. Hal ini akan membuat kaki jadi lebih mudah pulih dan juga akan membuat cedera yang kita alami ini bisa segera sembuh.

Sejumlah pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi masalah engkel ini sebenarnya tidak membuat masalah ini selesai 100%. Pada beberapa kasus cedera engkel ini memang bisa kambuh lagi pada saat kita melakukan aktivitas yang berat. Maka dari itu ada juga beberapa orang yang melakukan pengobatan herbal untuk mengatasi engkel ini. Pengobatan herbal ini memang dianggap lebih mudah dan juga tidak sakit.

Ada beberapa hal yang sebenarnya harus menjadi perhatian Anda dari cedera ini, salah satunya adalah bahaya jika tidak segera diobati. Berikut ini adalah beberapa bahaya yang bisa saja muncul antara lain:

  • Cacat, ini merupakan resiko fatal dari engkel yang bisa membahayakan kaki kita. Jika tidak diobati maka bisa saja membuat kaki tidak akan sempurna lagi.
  • Tidak nyaman pada saat berjalan, ini merupakan salah satu yang bisa terjadi jika Anda mengalami engkel yang terus menerus.

Baca Juga Cara Terbaik dalam Mengatasi Masalah Cedera Engkel

Sejumlah atlet merupakan salah satu yang sering mengalami cedera ini sehingga banyak dari mereka yang kini mulai berhati-hati. Cedera engkel ini memang harus selalu diperhatikan dan juga jangan sampai tidak diobati dengan tepat. Jika Anda mengalami masalah engkel ini juga bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan juga mendapatkan jadwal terapi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>