Bahan Dan Ukuran Bola Tenis Lapangan

Bola tenis merupakan salah satu alat utama yang wajib ada dan digunakan dalam menunjang permainan tenis lapangan. Bola ini sendiri memiliki bahan dan ukuran tersendiri untuk digunakan dalam berbagai latihan atau pertandingan tenis lapangan di kancah nasional ataupun internasional. Meski pada fungsi utamanya bola ini digunakan sebagai alat utama dalam olahraga tenis lapangan, namun bola ini juga digunakan sebagai salah satu alat utama untuk olahraga dan melatih ketangkasan tangan. Dan berikut adalah bahan serta ukuran untuk sebuah bola tenis  yang digunakan dalam olahraga tenis lapangan.

Bahan Dan Ukuran Bola Tenis Lapangan

Dalam dunia olahraga tenis lapangan, bola yang digunakan memiliki bahan dan ukuran yang berbeda dengan olahraga lainnya. Bahan utama yang digunakan untuk membuat bola ini adalah dengan bahan karet yang dibalut dengan benang. Bola ini identik dengan strip putih dan warna utama yaitu kuning atau hijau muda. Dalam penggunaannya sendiri, bola ini telah ditentukan ukurannya sesuai dengan standar yang berlaku pada ITF (International Tenis Federation). Ukuran yang digunakan untuk bola ini dalam tenis lapangan di kancah nasional atau internasional adalah berdiameter 65,41 sampai dengan 68,58 mm, atau berukuran 2.575 sampai 2.700 inchi.

Untuk pertandingan di kancah internasional maupun nasional sendiri, bola ini memiliki berat sebesar 56,0 sampai dengan 59,4 gram ataau setara dengan 1,975 sampai dengan 2,095 ons. Pada awal mulanya olahraga ini diperkenalkan dan digemari banyak orang, bola tenis secara manual atau tradisional di produksi secara masal di negara Amerika Serikat dan juga di negara Eropa. Pada perkembangannya sendiri, proses produksi dalam pembuatan bola ini tidak seluruhnya menggunakan mesin. Dalam kata lain ada beberapa bagian dari pembuatan yang diproduksi dengan menggunakan tenaga manual.

Pembuatan bola yang digunakan dalam olahraga tenis lapangan sendiri pada saat ini telah menjamah berbagai negara di belahan dunia. Selain standar bola seperti yang disebutkan di atas, bola yang digunakan untuk bermain tenis lapangan sendiri juga harus memenuhi persyaratan seperti dapat memantul dalam lapangan berbahan concrete hingga mencapai ketinggian 135 sampai dengan ketinggian 147 cm. Bola yang digunakan untuk bermain dalam olahraga tenis lapangan ini juga memiliki kelembapan suhu bola hingga mencapai 20 derajat celcius.

Baca juga artikel menarik lainnya di tipsolahraga.com

Meskipun memiliki standar yang sudah ditetapkan oleh pihak ITF, dalam penggunaannya untuk permainan tenis lapangan dalam keadaan latihan, banyak jenis bola tenis yang diproduksi. Pun untuk warna dari bola tenis , dalam penggunaannya sebagai peralatan latihan terdapat warna seperti merah,  orange, serta hijau. Dan itulah bahan serta ukuran bola yang digunakan dalam olahraga tenis lapangan baik di kancah nasional ataupun dalam kancah internasional. Selain bola, seorang pemain tenis juga membutuhkan alat lain seperti raket tenis dan juga sepatu khusus untuk olahraga tenis lapangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>