Bahan Baju Olahraga yang Nyaman

Berolahraga merupakan kegiatan yang sangat baik dilakukan. Olahraga yang teratur dapat menyehatkan tubuh, gerakan-gerakan yang dilakukan ketika berolahraga dapat membakar lemak dan racun-racun jahat dalam tubuh sehingga orang yang rutin melakukan olahraga akan lebih sehat dibandingkan dengan orang yang tidak rutin berolahraga. Dalam berolahraga, aksesoris yang paling penting adalah sepatu dan pakaian olahraga. Sepatu akan menunjang dan melindungi pergerakan seseorang ketika berolahraga. Begitu pula dengan pakaian olahraga yang fungsinya sangat penting dalam menunjang kegiatan berolahraga. Dalam berolahraga, setiap orang harus memilih pakaian olahraga yang paling nyaman agar ruang geraknya tidak terbatasi. Baju yang nyaman juga tentu akan mendukung mobilitas seseorang. Berikut ini adalah beberapa bahan baju olahraga yang nyaman.

Bahan Jersey

Bahan jersey merupakan bahan yang banyak digunakan untuk baju olahraga, terutama untuk kaos tim. Bahan jersey yang memiliki bobot sangat ringan dan teksturnya sangat lentur tidak akan memberatkan olahrawagan ketika sedang bergerak. Bahan jersey juga sangat lembut ketika digunakan. Bahan ini memiliki pori-pori yang tersebar di seluruh bagian bahan sehingga sirkulasi udara dapat keluar-masuk dengan baik. Bahan yang tidak memiliki pori-pori akan menampung angin sehingga olahragawan akan merasa berat ketika berlari. Bahan jersey juga mampu menyerap keringat dan menghantarkannya keluar, sehingga keringat yang dihasilkan tidak akan tertampung di pakaian.

Bahan Rayon

Bahan rayon juga sering dijadikan sebagai bahan baju olahraga. bahan rayon memiliki keunggulan ketika digunakan di luar ruangan yang relatif panas. Bahan ini memiliki sifat dingin. Keunggulan lain dari bahan rayon adalah mampu menyerap keringat dengan sangat baik, sehingga olahragawan tidak perlu khawatir keringatnya akan membatasi ruang geraknya.

Bahan Workout

Bahan workout merupakan bahan pakaian yang sangat ketat dan mampu membentuk lekuk tubuh pemakainya. Dengan memakai pakaian olahraga berbahan workout, tubuh atletis pemakainya akan ditonjolkan. Baju berjenis workout seringkali mengandalkan bahan spandex atau lycra yang elastis. Baju jenis ini juga mampu menyerap keringat dengan sangat baik, sehingga ketika berlari, olahragawan tidak akan merasa terganggu oleh keringat yang mengucur.

Bahan Katun

Bahan katun dikenal karena kemampuannya dalam menyerap keringat. Baju ini seringkali dijadikan sebagai bahan pakaian olahraga. Variasi bahan katun yang semakin beragam membuat bahan ini tidak lagi terasa berat ketika digunakan, dan lebih jatuh. Namun, tidak disarankan memakai pakaian katun untuk olahraga yang durasinya melebihi 60 menit karena keringat akan tertampung dan gerak olahragawan akan terbatasi.

Itulah beberapa jenis bahan pakaian olahraga yang nyaman digunakan. Ketika berolahraga, disarankan memakai baju olahraga yang memiliki banyak pori-pori agar keringat yang dikeluarkan bisa cepat kering oleh udara yang masuk. Sirkulasi udara juga sangat dibutuhkan agar tubuh olahragawan tidak cepat dehidrasi. Seiring perkembangan teknologi, kini semakin banyak variasi bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik, sehingga ruang gerak olahragawan akan terbantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>