Bagaimana Memilih Sepatu Senam yang Tepat?

Sepatu senam menjadi benda favorit bagi beberapa orang terutama bagi Anda yang mempunyai hobi senam. Ada berbagai macam sepatu yang bisa digunakan saat melakukan olahraga senam. Anda pun bisa dengan mudah membeli dan memilih sepatu yang Anda sukai di toko offline maupun online. Tapi tahukah Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak membeli dan memilih sepatu olahraga ini. Cara tersebut dilakukan agar Anda tidak terjebak dengan sepatu yang tidak berkualitas. Lantas bagaimanakah memilih sepatu yang tepat untuk olahraga senam? Berikut cara-cara yang bisa Anda gunakan:

  • Kenali terlebih dahulu kaki Anda

Cara pertama agar mudah memilih sepatu untuk senam ialah mengenali kaki diri sendiri terlebih dahulu. Masing-masing orang memiliki karakteristik kaki yang berbeda-beda. Bila Anda membeli sepatu dengan melihat karakteristik orang lain, tentu saja sepatu tersebut tidak cocok dengan kaki Anda. Meskipun ukurannya sama, tetapi sepatu yang Anda beli sesuai karakteristik kaki teman Anda akan berpengaruh pada kenyamanan saat dipakai.

Maka dari itu, teliti dulu karakteristik kaki Anda. Dalam hal ini Anda dapat melihat ukuran kaki serta bentuk kaki Anda. Pasalnya, mungkin saja kaki Anda berbentuk flat dan semacamnya. Dengan mengenali karakteristik kedua kaki, saat membeli sepatu khusus untuk senam Anda tidak kebingungan. Terlebih lagi bila tempat pembelian sepatu ialah toko online, maka bukan tidak mungkin Anda tidak bisa mencobanya. Untuk itu, manfaatkanlah cara pertama ini.

  • Pilih sepatu yang tidak kaku

Cara kedua yang bisa dilakukan saat memilih sepatu ialah memilih sepatu yang sesuai dengan jenis olahraga yang dilakukan. Untuk hal ini, karakteristik sepatu senam yang cocok ialah lentur alias tidak kaku. Sepatu dengan tingkat kelenturan tinggi akan memudahkan aktifitas senam. Setiap gerakan senam tidak akan terganggu dengan sepatu yang kaku dan berat. Anda bisa memilih sepatu tersebut sesuai dengan merek sepatu yang Anda kehendaki. Saat ini ada banyak pabrik sepatu berkualitas yang juga membekali sepatunya dengan kelenturan.

  • Membawa kaos kaki

Saat Anda pergi ke sebuah toko sepatu di daerah Anda, jangan lupa untuk membawa kaos kaki. Kaos kaki diperlukan agar Anda lebih mengetahui ukuran dan tingkat kenyamanan saat mencoba sepatu baru yang akan dibeli. Meskipun ukuran kaki Anda sudah diketahui, akan tetapi Anda akan lebih puas bila mencoba sepatu dengan kaki yang sudah terbungkus kaos kaki. Sementara bila Anda membeli sepatu di website penjualan sepatu online, tak perlu melakukan cara ini. Sebaliknya Anda bisa menambahkan ukuran kaki dan ketebalan kaos kaki yang Anda miliki. Bila sepatu yang Anda pesan sudah tiba barulah Anda bisa memeriksa ukuran sepatu yang sebenarnya.

  • Pilih sepatu bertali

Meskipun saat ini Anda bisa memilih sepatu tanpa tali, tapi sebaiknya untuk aktifitas olahraga senam pilihlah sepatu yang memiliki tali. Sepatu bertali sangat disarankan untuk olahraga semacam ini. Karena tidak akan mudah lepas saat melakukan berbagai macam gerak. Perhatikan juga warna sepatu yang Anda beli. Dalam urusan memilih tali sepatu, ada baiknya Anda memilih warna sepatu yang lebih natural agar tidak terkesan berlebihan. Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar menemukan sepatu senam yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan. Jadi sudah Siapkah Anda membeli sepatu untuk olahraga senam di akhir pekan nanti?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>