Anda tertarik dengan Olahraga Taekwondo? Simak Dulu Teknik-tekniknya Berikut

Meskipun taekwondo bukanlah olahraga asli Indonesia, namun popularitasnya di Indonesia sudah tidak dapat diragukan lagi. Olahraga ini berkembang cukup bagus di Indonesia. Banyak sekali peminat olahraga bela diri yang satu ini. Oh iya, taekwondo menjadi salah satu olahraga yang sudah masuk ke dalam pertandingan olimpiade.

Anda tertarik dengan Olahraga Taekwondo? Simak Dulu Teknik-tekniknya Berikut

Nah untuk Anda yang mulai tertarik dengan olahraga yang satu ini, namun masih ragu untuk mengikutinya, mungkin Anda bisak simak dulu seputar teknik-tekniknya. Dengan demikian Anda akan lebih yakin dalam memustuskan pilihan apakah benar akan ikut taekwondo atau mundur, hehe. Setidaknya ada banyak sekali teknik dari beladiri ini. Namun tentu kita akan membahasnya beberapa saja.

Oke deh, langsung masuk ke materi. Secara garis besar materi dalam latihan taekwondo dibagi menjadi tiga hal, yaitu:

  1. Kyukpa : merupakan teknik pemecahan benda keras, dalam latihannya kita perlu obyek yang berupa benda mati seperti batu bata, genting, atau papan kayu yang yang memungkinkan untuk dipukul, dibentang, atau disabet.
  2. Poomsae : merupakan teknik yang berisi serangkaian jurus gerakan dasar yang meliputi pertahanan, serangan dengan melawan musuh dalam bentuk imajiner.
  3. Kyoruki : adalah latihan untuk tarung atau bentuk pengaplikasian daripada gerakan dasar. Nah dalam hal ini tentu Anda butuh lawan untuk melakukannya.

Nah itu dia materinya, lanjut masuk kepada teknik dasar. Adapun beberapa teknik dasar dalam taekwondo yaitu sebagai berikut:

  • Kuda – kuda

Kuda-kuda adalah jenis teknik yang ada pada setiap olahraga beladiri yang tujuannya adalah sebagai pondasi untuk kita melakukan pertahanan atau penyerangan. Nah dalam taekwondo ini ada beberapa teknik kuda-kuda yaitu Ap kobi (kuda-kuda langkah panjang), Ap seogi (kuda-kuda langkah pendek), dan Moa seogi (kuda-kuda dengan kaki rapat dan tubuh tegak), dwit kobi ( kuda-kuda dengan kedua kaki membuka) joochoom seogi (kuda-kuda kaki sejajar mengarah ke samping), beom seogi ( kuda-kuda dengan kaki berada di depan belakang)

  • Tendangan

Tendangan juga merupakan teknik dasar yang ada pada beberapa jenis olahraga beladiri. Dalam taekwondo ada beberapa teknik tendangan yang cukup berbahaya bagi lawan seperti dolke chagi, narae chagi, ap chagi, dwi hurigi, dwi chagi, yeop chagi, dolly chagi, neryo chagi dan lainnya.

  • Pukulan

Selain teknik tendangan, tentu dalam sebuah bela diri terdapat teknik pukulan termasuk dalam olahraga taekwondo. Ada beberapa teknik pukulan yang bisa Anda pelajari di taekwondo mulai dari Yeop jireugi, arae jireugi, eolgol jireugi, momting jireugi, chi jireugi, pyejeok jireugi, dollyeo jireugi, digeutja jireugi dan lainnya.

  • Tangkisan

Tangkisan termasuk ke dalam teknik bertahan, yang fungsinya tentu untuk menangkis gerakan-gerakan lawan. Ada beberapa teknik tangkisan dalam taekwondo seperti arae makki, momtong an makki, elgol makki, hecho makki, batang son momtong an makki dan lain sebagainya.

Baca juga artikel menarik lainnya di tipsolahraga.com

Nah itu dia sob 4 teknik dasar olahraga beladiri taekwondo. Sebenarnya masih banyak lagi nih, untuk lebih lengkapnya silahkan ikuti langsung latihan taekwondo ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>