8 Makanan Sehat Buat Jantung Anda

Makanan sehat—Penyakit jantung sudah menjadi penyakit nomor 1 yang paling mematikan bagi umat manusia. Sebelum kita terkena penyakit jantung. Sebaiknya kita harus merubah gaya hidup kita menjadi lebih sehat, contohnya adalah dengan mengkonsumsi segala jenis makanan-makanan yang bergizi dan sehat.

Banyak vitamin dan mineral yang dianggap dapat melindungi jantung. Mau tahu apa saja? Berikut adalah sepuluh makanan sehat yang baik untuk jantung.

  1. Kacang merah

Semua jenis kacang-kacangan adalah sumber serat larut yang dapat menurunkan kolesterol. Antioksidan dalam kacang-kacangan juga membantu melindungi jantung dari kerusakan radikal bebas. Kacang hitam dan merah sangat tinggi senyawa antioksidan yang disebut anthocyanin. Makanan sehat ini tentu sangat sehat untuk jantung Anda.

  1. Bayam

Bayam merupakan sumber vitamin C dan beta-karoten. Nutrisi ini merupakan antioksidan yang kuat dapat membantu mencegah kolesterol jahat dari oksidasi dan membentuk plak pada dinding arteri. Bayam juga kaya akan folat. Folat membantu memecah homosistein, zat berbahaya dalam darah yang terkait dengan penyakit jantung.

  1. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C dan serat. Buah ini juga kaya akan flavanon (salah satunya adalah senyawa hesperidin phytonutrisi). Hesperidin telah terbukti dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

  1. Tuna

Tuna mengandung asam lemak omega-3, lemak khusus yang membantu mengencerkan darah, mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko stroke. Asam lemak omega-3 juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Salmon adalah salah satu makanan yang kaya akan asam lemak omega-3.

  1. Bawang putih dan bawang merah

Bawang putih dan bawang merah mengandung fitonutrien yang disebut sulfida allylic. Mereka membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan lemak dalam darah (trigliserida). Selain itu, mereka juga membantu memperlancar aliran darah dengan mencegah platelet tidak saling menempel dan membentuk gumpalan darah.

  1. Oat

Oat merupakan sumber makanan sehat yang sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Oat juga mengandung senyawa yang disebut saponin, yang mengikat kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh. Oat kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai tocotrienol, yang membantu menjaga kolesterol jahat saling menempel dan membentuk plak di arteri.

  1. Berry

Cranberry kaya akan flavonoid. Flavonoid merupakan pigmen tumbuhan yang menawarkan manfaat antioksidan. Senyawa ini juga membantu mencegah kerusakan pada lapisan pembuluh darah dan mengurangi risiko stroke. Blueberry kaya akan fitonutrien yang disebut anthocyanin, yang mendukung integritas dari sistem vaskular.

  1. Kacang almond

Kacang almond mengandung beberapa nutrisi yang menjaga darah tetap mengalir dengan baik dan membuka arteri. Mereka adalah sumber makanan yang sangat baik untuk vitamin E, antioksidan yang mencegah kolesterol jahat teroksidasi dan membentuk plak pada dinding arteri. Almond kaya akan kalsium, vitamin E, magnesium dan lemak sehat, yang semuanya baik untuk jantung Anda. Kenari adalah pilihan lain yang baik untuk jantung sehat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *