Home Info Olahraga 7 Cara Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

7 Cara Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

by Caswitin
cara menurunkan berat badan

Memiliki tubuh yang langsing merupakan anugerah dan dambaan setiap orang. Akan tetapi, tentu saja hal ini tidak didapatkan secara cuma-cuma. Ada banyak proses dan usaha yang harus anda tempuh. Tidak jarang beberapa orang terutama wanita rela merogoh kocek untuk mengikuti kelas-kelas olahraga ataupun membeli obat-obat pelangsing. Apabila anda adalah salah satu orang yang menginginkan tubuh langsing dalam waktu yang singkat, maka cara menurunkan berat badan dalam artikel ini dapat anda jadikan panduan. Tidak usah khawatir akan efek samping. Sebab, cara menurunkan berat badan yang akan dibahas merupakan cara alami dan aman.

1. Jangan Lewatkan Sarapan

cara menurunkan berat badan

cara menurunkan berat badan

Agar mendapatkan berat badan yang ideal, anda perlu menjaga rutinitas sarapan. Sebab, diet bukan berarti melewatkan sarapan. Anda dapat mengkonsumsi sarapan sehat seperti gandum, buah-buahan, serta yoghurt rendah lemak. Anda juga dapat menggabungkan semua bahan tersebut dan meraciknya menjadi smoothies. Apabila anda merasa bosan, anda dapat mengganti menu sarapan dengan mengkonsumsi telur dan sayuran.

2 Selingi Waktu Makan dengan Cemilan

cara menurunkan berat badan

cara menurunkan berat badan

Cara menurunkan berat badan yang kedua adalah dengan mengkonsumsi cemilan. Seringkali setelah sarapan dan menjelang makan siang, perut terasa lapar. Nah, apabila anda mengalami ini, tidak usah menahan diri untuk tidak makan, ya! Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan, salad, atau smoothies.

3. Mengatur Menu Makan Siang

cara menurunkan berat badan

cara menurunkan berat badan

Saat melakukan cara menurunkan berat badan, anda perlu memperhatikan menu makan siang. Perpaduan salad yang berisi sayuran dan buah serta sedikit tambahan protein dari ikan tuna atau ayam dapat mencukupi kebutuhan kalori anda. Anda juga dapat menambahkan sedikit minyak zaitun atau perasan lemon. Cara menurunkan berat badan ini juga menganjurkan anda untuk menjauhi makanan yang mengandung lemak jahat seperti keju olahan dan pasta. Sebagai gantinya, anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik seperti alpukat atau ubi jalar. Tentunya dengan porsi yang tidak berlebihan, ya!

Baca Juga:  Ketahui Lebih dalam Tentang Olahraga Polo Air

4. Cemilan Siang Hari

cara menurunkan berat badan

cara menurunkan berat badan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, saat anda merasa lapar setelah makan siang maka anda tidak perlu menahan diri secara berlebihan. Anda dapat mengkonsumi sayuran atau biji-bijian. Mengkonsumsi kacang kenari atau kacang almond dapat memenuhi kebutuhan cemilan siang anda.

5. Jaga Asupan Kalori saat Jam Makan Malam

cara menurunkan berat badan

cara menurunkan berat badan

Saat jam makan malam tiba, anda dapat mengkonsumsi salad yang terdiri dari buah dan sayur. Anda juga dapat menambahkan protein dari dada ayam atau ikan salmon. Hal ini tentu akan sangat membantu anda mendapatkan berat badan yang ideal.

6. Hindari Minuman Manis

cara menurunkan berat badan

cara menurunkan berat badan

Usaha selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal adalah dengan menghindari minuman manis, kafein, bersoda, dan mengandung alkohol. Minuman-minuman tersebut tentu saja memiliki kadar gula yang tinggi. Sebagai gantinya, anda dapat mengkonsumsi air putih minimal 2 liter setiap harinya. Selain baik untuk kesehatan tubuh, hal ini juga dapat menghindarkan anda dari rasa lapar. Terutama pada malam hari.

7. Olahraga Teratur

cara menurunkan berat badan

cara menurunkan berat badan

Cara menurunkan berat badan dengan olahraga terbukti ampuh. Selain menjaga asupan kalori, hal penting yang juga harus dilakukan adalah olahraga. Sebagian orang terkadang melakukan diet tanpa diiringi olahraga. Hal itu bisa saja berhasil, akan tetapi anda akan mendapatkan hasil yang maksimal apabila diiringi dengan olahraga. Olahraga berfungsi untuk membakar kalori dalam tubuh. Olahraga menurunkan berat badan yang dapat anda lakukan adalah senam aerobik, yoga, atau sekedar berlari-lari kecil.

Itulah tadi beberapa cara menurunkan berat badan yang dapat anda coba. Ada baiknya dalam menurunkan berat badan tidak dilakukan secara cepat dan drastis. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan, anda dapat mengubah gaya hidup dengan memperbanyak aktivitas fisik dan mengurangi asupan kalori. Tidak ada salahnya mencoba berkonsultasi dengan dokter atau ahli medis guna mendapatkan arahan yang benar dalam menurunkan berat badan secara baik dan benar.

Baca Juga:  Berita Olahraga Terkini: Inilah Tiga Perenang Terbaik Di Muka Bumi

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More