6 Manfaat Senam Sehat Bagi Anak-anak yang Wajib Diketahui Para Orang Tua

Senam sehat pada dasarnya adalah kegiatan yang seharusnya sudah mulai diperkenalkan sejak usia dini atau kepada anak-anak. Dalam kurikulum pembelajaran pastinya senam ini sudah masuk salah satu diantaranya. Namun tentunya jenis senam yang diperkenalkan kepada anak-anak agak berbeda dengan yang dilakukan oleh orang dewasa. Umumnya gerakannya lebih mudah dan juga durasi yang lebih pendek. Ditujukan agar nantinya buah hati lebih senang bergerak aktif atau olahraga, apalagi dengan musik yang menyenangkan.

 6 Manfaat Senam Sehat Bagi Anak-anak yang Wajib Diketahui Para Orang Tua

Agak berbeda dengan orang dewasa, maka aktivitas senam pada anak-anak ini bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu atau maksimal adalah 3 kali saja, hal tersebut sudah mampu memberikan banyak sekali manfaat. Berikut ini diantaranya serangkaian manfaat senam sehat yang bisa didapatkan oleh anak-anak, yaitu: 

  1. Mengembangkan kemampuan motorik mereka, pada dasarnya usia anak-anak memang kemampuan motoriknya masih belum maksimal, respon antara tubuh dengan perintah otak terkadang masih berjalan secara lambat, namun dengan kebiasaan bergerak seperti dengan melakukan senam ini sangat membantu di dalam mengoptimalkan kemampuan motorik mereka, sehingga nantinya respon yang didapat bisa dilakukan dalam bentuk tindakan secara cepat.
  2. Melatih keseimbangan juga koordinasi anggota tubuh, gerakan senam adalah gerakan yang cepat, selain itu juga mengikuti irama yang sudah ada, sehingga sangat bagus di dalam meningkatkan keseimbangan mereka. Membuat tubuh menjadi lebih lincah dan juga lentur dalam bergerak. Jika refleks buah hati bagus, maka nantinya mereka tak akan mudah jatuh ketika berlari atau melakukan aktivitas yang lainnya.
  3. Dapat meningkatkan kekuatan, durasi senam pada anak-anak memang berbeda dengan orang dewasa, namun sudah cukup untuk membantu dalam meningkatkan kekuatan, tak hanya kekuatan tubuh, melainkan juga melatih kekuatan otot-otot jantung mereka, sehingga kesehatan organ kardio juga lebih terjaga sedini mungkin. Jadi di kala dewasa nantinya hal tersebut bisa mengurangi resiko mereka terkena penyakit jantung hingga stroke.
  4. Dapat melatih ingatan, pada dasarnya gerakan-gerakan senam memang selalu berubah dari waktu ke waktu, menyesuaikan juga dengan irama musik yang diputar tersebut. Sehingga nantinya membantu daya ingat mereka semakin kuat, untuk menghafal setiap gerakan yang sudah ada tersebut.
  5. Membuat buah hati menjadi lebih ceria, jangan salah, gerakan olahraga semacam ini yang juga diiringi dengan musik sangat bagus untuk psikis buah hati. Membantunya menjadi pribadi yang jauh lebih ceria.
  6. Mengoptimalkan pertumbuhan tubuh, gerakan-gerakan di dalam senam seperti diantaranya adalah melompat memberikan efek yang sangat bagus untuk tulang mereka, karena pertumbuhan bisa jadi kian optimal.

 Baca juga artikel menarik lainnya di tipsolahraga.com

Pada orang tua hendaknya harus mulai memperkenalkan senam sehat ini pada buah hati, bagus untuk membiasakan mereka olahraga sedini mungkin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>