6 Manfaat Dari Aktifitas Olahraga Berkuda

Olahraga berkuda termasuk olahraga yang cukup menyenangkan dan menarik. Walau kurang begitu populer olahraga ini di Indonesia, ketimbang olahraga sepakbola, bulutangkis atau bola voli. Ada begitu banyak hal yang harus dipelajari, ditimba, dan dipetik dari aktifitas olahraga berkuda. Sebelum kita mengenal kendaraan motor atau mobil sebagai kendaraan masa kini. Kudalah yang menjadi prioritas manusia di zaman dulu saat berkendara kemana-mana maupun saat pergi bekerja. Dan olahraga berkuda termasuk olahraga paling tertua, karena sudah ada beratus-ratus tahun lalu yang dilatih untuk berpacu menuju garis finish. Menurut literatur, berkuda termasuk olahraga yang disukai raja-raja masa lampau. Karena sejarahnya yang begitu melegenda. Ada beberapa hal manfaat yang harus kita pelajari dari olahraga berkuda tersebut

Baca Juga : SEPUTAR OLAHRAGA SLACKLINE

Berikut 6 manfaat dari aktifitas olahraga berkuda yang harus Anda ketahui

  • Kesadaran pada tubuh

Menunggang kuda benar-benar bisa bekerja secara menyeluruh  pada otot-otot Anda.  Yang bisa menstabilkan batang perut, punggung, dan otot-otot panggul. Namun, bukan hanya itu saja, melainkan koordinasi dan stabilitas itu juga terbangun. Semakin banyak Anda berpacu bersama kuda. Tubuh akan belajar untuk terus bergerak secara cepat.

  • Cepat Berpikir

Mengendarai hewan besar seperti kuda adalah latihan tubuh secara total yang akan terus-menerus menyesuaikan diri dan berfikir untuk bisa menenangkan dan membuat kuda Anda pat.

  • Koordinasi

Ada banyak gerakan yang perlu terjadi secara bersamaan saat mengendarai kuda.  Koordinasi begitu penting untuk dijaga setiap detik saat Anda sedang di atas kuda.

  • Latihan mental

Ada begitu banyak manfaat mental yang baik saat  menunggang kuda. Tidak hanya saja  Anda benar-benar belajar tentang diri Anda. Tetapi juga dapat memiliki efek meditatif. Karena diminta untuk bisa sangat fokus pada naik dan tinggal di atas kuda. Sementara menunggang kuda adalah latihan yang bagus, ada manfaat koneksi yang nyata bersama hewan. Dan  ketenangan pikiran yang datang saat melakukan setiap perjalanan di lintasan pacuan.

  • Melatih keseimbangan

Menunggang kuda adalah latihan isometrik, yang berarti menggunakan otot tertentu di atas kuda dalam posisi tertentu, dalam hal ini, menjaga keseimbangan di atas kuda. Karena itu, kekuatan postural sangat penting ketika naik kuda dan postur keseimbangan pengendara akan meningkat bahkan dalam kegiatan sehari-hari.

  • Fleksibilitas

Seiring dengan otot inti, paha bagian dalam dan otot-otot panggul mendapatkan porsinya yang besar sebagai pengendara kuda Anda harus memposisikan diri dengan baik. Pengendara sering harus mempertahankan posisi jongkok saat mereka naik, terus-menerus menyesuaikan diri dengan irama kuda. Latihan ini membantu dengan baik otot secara keseluruhan dan fleksibilitas.

Sebagai pemula dalam aktifitas olahraga berkuda Anda harus benar-benar menyimak instruksi dari pelatih kuda Anda. Dan Anda juga harus mengetahui pengetahuan kuda itu sendiri sebelum menungganginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *