5 Tips Olahraga Sebelum Bermain Sepakbola Untuk Pemula

Sebagai olahraga yang cukup populer di Indonesia bahkan di dunia, sepakbola menjadi salah satu olahraga yang siapapun ingin memainkannya. Bermain sepakbola tentunya butuh persiapan, pemanasan dan standarisasi agar permainan Anda semakin matang, berkualitas dan berstamina. Berikut tips olahraga sebelum bermain sepakbola untuk pemula:

Berikut 5 tips olahraga sebelum bermain sepakbola untuk pemula:

1.Persiapan Perlengkapan Sepakbola:

Bermain sepakbola tentunya harus mempersiapkan segala kebutuhan perlengkapan Anda. Agar penampilan Anda semakin maksimal dan bisa meningkatkan kepercayaan diri. dan yang terpenting, bisa menghindari Anda dari cedera ringan. Sebagai pemain Anda harus mempersiapkan seperti:

Dekker: Alat pelindung tulang kering

Jersey Seragam: Sebagai pembeda dengan tim lawan, dan bisa menyerap keringat Anda dengan baik.

Sepatu bola: Untuk membuat daya dan skill pada kedua kaki Anda menjadi lebih baik dalam mengoper, merebut dan menendang bola. Dengan menggunakan sepatu bola yang berkualitas dan baik Anda bisa terhindar dari cedera.

2.Pemanasan:

Sebelum bermain sepakbola 90 menit, Anda harus melakukan persiapan secara maksimal seperti melakukan pemanasan di sisi lapanga, seperti lari-lari kecil, atau gerakan-gerakan pemanasan lainnya yang sudah Anda pasti kenal. Jangan lupa, untuk tidak terlalu kenyang, saat 3 jam sebelum bermain bola. Karena akan membuat daya jelajah gerak Anda di lapangan rumput menjadi lebih lambat.

3.Perbanyak Latihan:

Disamping untuk menjadi pemain bola professional,Anda harus banyak berlatih. Sebelum atau sesudah bermain bola, itu semua untuk meningkatkan skill dan penampilan Anda kelak di kemudian hari.

Baca juga: Dampak dan Manfaat Futsal Untuk Pemula

4.Menuruti Perkataan Pelatih:

Pelatih adalah juru utama dalam melakukan taktik penyerangan maupun pertahanan saat Anda bermain sepakbola. Anda harus menuruti, segala ucapan perkataan pelatih Anda. jika Anda seorang striker Anda harus tahu cara mencetak gol, yang sudah diintruksikan oleh pelatih Anda. dan jika Anda seorang pemain belakang, Anda juga harus menuruti intruksi pelatih Anda bagaimana cara melakukan pertahanan yang baik. Ingat pelatih Anda, adalah orang yang paling mengetahui apa yang terbaik di tim. Maka dengarkanlah dan patuhi segala taktik dan informasi yang Anda terima dari pelatih Anda sebelum bermain.

5.Jangan Tegang:

Saat sudah mau kick off babak pertama, usahakan Anda jangan tegang dan tetap cool dalam bertanding. Apalagi penonton cukup banyak, yang akan menonton Anda bermain. Usahakan Anda tetap stabil. Kebanyakan para pemain amatir, gagal menguasai permainannya karena sudah tegang terlebih dulu sebelum bermain. Untuk mengurangi ketegangan Anda, ada baiknya Anda berdoa, atau menelepon orang-orang tersayang Anda, dan meminta dukungan kepada mereka, percayalah sekelas Ronaldo pun sebelum bermain, masih menelepon ibunya untuk mendukungnya di lapangan. Doa mereka sangat berharga bagi semangat dan psikologis Anda.

Semoga tips olahraga sepakbola di atas bisa bermanfaat bagi Anda dan bisa Anda jadikan bahan referensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>