5 Manfaat Olahraga Renang

Renang adalah cara terbaik untuk berolahraga bagi setiap usia berapapun. Berikut adalah 5 manfaat  olahraga renang yang menunjukkan bagaimana berenang dapat membantu kesehatan dan kebugaran Anda:

1) Olahraga renang menawarkan sesuatu yang bisa meningkatkan kemampuan tubuh Anda: bagus untuk tulang dan otot. Ketika tubuh manusia terendam air, maka secara otomatis menjadi lebih ringan. Jika Anda tenggelam hanya sepinggang maka tubuh Anda dikenakan hanya 50% dari berat badan Anda. Tenggelam  di kolam renang hanya sampai leher Anda dan biarkan air tahan sampai 90% dari berat badan Anda. Ini juga berarti bahwa manfaat olahraga renang menyediakan tempat yang ideal untuk otot yang kaku dan sakit sendi.

2) Pernah melihat lumba-lumba kelebihan berat badan? Kami tidak berpikir begitu. Itu karena berenang adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kekuatan otot dan volumen otot, terutama dibandingkan dengan beberapa latihan aerobik lainnya. Misalnya. Ketika pelari mengambil beberapa lap di trek, pelari hanya bergerak tubuhnya melalui udara. Seorang perenang, di sisi lain, adalah mendorong melalui air, zat sekitar dua belas kali sepadat udara. Itu berarti bahwa setiap tendangan dan setiap lengan  menjadi latihan resistensi dan itu juga diketahui bahwa latihan olahraga renang juga melatih ketahanan membangun otot dan kekuatan.

3)  Tidak seperti mesin latihan di gym yang cenderung mengisolasi satu bagian tubuh pada waktu (seperti mesin melatih otot lengan, misalnya); berenang menempatkan tubuh melalui berbagai gerakan yang membantu sendi dan ligamen. membuatnya lebih efisien di dalam air; itu juga membantu memberikan peregangan yang baik dari kepala sampai kaki.

Baca juga: Baju Renang Untuk Wanita Berhijab

4) Olahraga renang juga membantu meningkatkan otot yang paling penting dalam tubuh kita: hati. Karena berenang adalah latihan aerobik, itu berfungsi untuk memperkuat jantung, tidak hanya membantu untuk menjadi lebih besar, tetapi membuatnya lebih efisien dalam memompa, yang mengarah ke aliran darah yang lebih baik ke seluruh tubuh Anda.

5) Manfaat olahraga renang  diakui sebagai salah satu latihan  untuk membakar  kalori terbesar sekitar, dan itu bagus untuk menjaga berat badan di bawah kontrol.

Jumlah yang tepat dari kalori yang Anda bakar, tentu saja, tergantung pada gaya renang Anda sendiri dan intensitas dengan waktu olahraga renang Anda, tetapi sebagai aturan umum, untuk setiap 10 menit berenang:

  • Gaya dada akan membakar 60 kalori
  • Gaya punggung 80 kalori
  • Gaya bebas 100 kalori
  • Gaya Kupu-kupu 150 kalori

Untuk meningkatkan komponen pembakaran kalori berenang, pertimbangkan untuk menggunakan interval. Kalau Anda masih awam dalam berbagai gaya, pertimbangan gaya renang yang Anda telah kuasai. Karena dengan begitu, Anda akan fokus dalam satu gaya berenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>