5 Manfaat Lebih Memilih Olahraga Outdoor Dibandingkan Indoor

Aktivitas olahraga pada dasarnya memang bisa dilakukan dengan mudah dimana saja, baik itu indoor atau pun outdoor. Hanya saja dibandingkan dengan olahraga outdoor lebih banyak diantara masyarakat belakangan ini yang cenderung senang dengan aktivitas olahraga di dalam ruangan. Sebenarnya bukan tanpa alasan, melainkan karena memang kesibukan mereka yang cukup padat menyebabkan waktu untuk olahraga jadi tidak ada. Mau tak mau harus menyempatkan waktu senggang untuk tetap melakukan kegiatan menyehatkan tersebut, sehingga memanfaatkan jenis olahraga dalam ruangan seperti di pusat kebugaran.

 5 Manfaat Lebih Memilih Olahraga Outdoor Dibandingkan Indoor

Sebenarnya hal ini bukan sebuah masalah, olahraga hanya tergantung dari selera masing-masing saja. Namun dengan melakukan olahraga outdoor sebenarnya ada jauh lebih banyak manfaat atau keuntungan yang akan Anda terima, diantaranya adalah: 

  1. Dapat menghindari stress, terlalu lama berada di dalam ruangan, bahkan ketika Anda bekerja seminggu penuh tentunya akan membuat potensi terkena stress menjadi kian tinggi. Namun tidak jika seandainya Anda melakukan olahraga di luar ruangan, paling tidak bisa melihat kondisi lingkungan yang ada di sekitar, sehingga efektif juga dalam menurunkan resiko stress.
  2. Lebih banyak oksigen bersih yang dapat dihirup dibandingkan dengan olahraga di dalam ruangan. Patut untuk diketahui bahwa dalam kondisi lingkungan yang terbuka, sebenarnya aliran udara jauh lebih lancar dan juga banyak yang diterima, termasuk juga untuk oksigen bebas, dibandingkan dengan berolahraga di dalam ruangan.
  3. Mendapatkan manfaat tambahan sinar matahari pagi. Misalnya olahraga jogging di taman ketika pagi hari, dimana sinar matahari yang diterima masih banyak mengandung vitamin D, tentunya tubuh juga akan mendapatkan manfaat tambahan untuk kesehatan tulang dan gigi.
  4. Lebih murah. Olahraga di dalam ruangan misalnya saja lari atau jogging memang tetap bisa dilakukan, namun dengan memanfaatkan sebuah sarana yang dinamakan sebagai tread mill. Alat yang satu ini membantu untuk berlari dengan kecepatan teratur dan jarak yang sudah dihitung secara otomatis. Meskipun praktis, namun harga sarana olahraga semacam ini juga terbilang mahal. Berbeda halnya dengan langsung berlari di luar ruangan.
  5. Membantu tingkatkan rasa percaya diri. Sebenarnya kurangnya rasa percaya diri disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satu diantaranya adalah tidak pernah bergaul dengan banyak orang atau bahkan jarang keluar ruangan. Sekali-kali tak ada salahnya berolahraga di luar untuk membantu membiasakan diri agar lebih percaya diri.

Baca juga artikel menarik lainnya di tipsolahraga.com

Lebih banyak bukan manfaat yang bisa Anda dapatkan, sehingga tak ada salahnya memilih jenis olahraga outdoor dibandingkan dengan indoor ketika ada waktu senggang. Seperti diantaranya adalah pada akhir pekan, dimana waktu Anda banyak yang luang, dibandingkan hanya berdiam diri di rumah, maka lebih baik memanfaatkannya untuk olahraga bukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>