5 Kategori Makanan Sehat Penambah Darah Paling Cepat

Pusing merupakan suatu kondisi dimana tubuh sebenarnya tengah ada dalam masalah, penyakit-penyakit berbahaya umumnya bisa dideteksi dari gejala yang satu ini. Salah satu diantara penyakit yang ditandai dengan gejala pusing adalah anemia, tentunya sudah tak begitu asing lagi bagi Anda. Mengenai penyakit kekurangan sel-sel darah merah tersebut. Mungkin ia tidak tergolong sebagai penyakit berbahaya, namun jika sudah menyerang tentunya akan sangat menganggu aktivitas, tubuh terasa lemas dan tak bertenaga untuk melakukan apapun. Sebenarnya cara mengatasi anemia sendiri sangat mudah, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Tentunya bukan sembarangan makanan, melainkan jenis-jenis makanan yang memang efektif di dalam meningkatkan produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh. berikut ini setidaknya ada beberapa daftar golongan makanan yang sangat efektif dalam mengobati anemia, diantaranya adalah:

Baca juga: Empat Makanan Sehat Untuk Atlet Renang

  1. Buah-buahan dengan kandungan vitamin A, vitamin A tak hanya bagus untuk kesehatan mata saja, melainkan juga efektif dalam meningkatkan hemoglobin di dalam tubuh, ia terdapat pada beberapa jenis buah-buahan segar seperti halnya jeruk, tomat, mangga, jambu biji, pepaya, pisang, strawberry dan yang lainnya.
  2. Sayuran hijau, sayuran hijau termasuk jenis makanan sehat yang memang kaya akan manfaat, selain kandungan zat besinya cukup tinggi untuk membantu produksi sel-sel darah merah, ia juga kaya akan serat yang berfungsi untuk memperlancar pencernaan, sehingga bagi yang memiliki masalah dalam buang air besar, cukup dengan rutin mengkonsumsi sayuran ini saja.
  3. Daging merah dan juga jeroan, daging merah adalah salah satu bahan makanan sumber Fe atau zat besi yang tinggi, hanya saja kurang dianjurkan mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, karena kandungan purinnya juga sangat tinggi. Sehingga kurang bagus bagi yang memiliki masalah dengan asam urat. Konsumsi daging merah sebaiknya dibatasi sehari sekali, dalam jumlah yang sudah ditentukan, efektif dalam mengatasi masalah anemia.
  4. Kacang-kacangan, mulai dari kacang panjang, kacang merah dan juga kacang tanah, biji-bijian yang satu ini tak hanya kaya akan protein saja, melainkan juga senyawa yang bisa meningkatkan produksi sel-sel darah merah dalam tubuh. sehat dikonsumsi apalagi sebagai pengganti daging, khususnya bagi mereka yang vegetarian, maka menu makanan ini bisa dijadikan sebagai alternatif.
  5. Makanan yang kaya akan kandungan garam, namun tetap harus ditakar juga jumlahnya, karena garam berlebih dalam tubuh juga bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti darah tinggi hingga merusak jantung.

Selain dengan makanan sehat tersebut, maka bisa diimbangi dengan konsumsi beberapa suplemen penambah darah. Anemia ini sendiri tak hanya bisa menjangkiti orang dewasa, melainkan juga anak-anak, sehingga patut bagi Anda untuk berhati-hati, gejala lain selain pusing dan lemas adalah warna kulit yang pucat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>