4 Tips untuk Menghindari Cidera Lutut yang Bisa Anda Coba

Ada banyak tujuan orang melakukan olahraga, akan tetapi pada umumnya orang melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan dan juga dapat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Akan tetapi ketika Anda tidak terbiasa untuk olahraga dan memaksakan berolahraga biasanya akan bisa mengalami cidera karena tidak berolahraga dengan benar. Cidera yang biasa diderita adalah cidera lutut yang bisa terjadi karena berolahraga dan juga aktivitas lainnya. Cidera ini akan membuat lutut Anda menjadi sakit dan juga apabila sudah parah harus dioperasi untuk mengobatinya. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk melakukan langkah pencegahan untuk menghindari cidera ini. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari cidera yang bisa terjadi pada bagian lutut ini adalah:

4 Tips untuk Menghindari Cidera Lutut yang Bisa Anda Coba

  • Menjaga bobot tubuh tetap ideal

Lutut merupakan bagian yang akan menopang bobot pada umumnya. Sehingga apabila Anda mempunyai bobot tubuh yang berat maka hal tersebut akan membuat kinerja lutut lebih berat. Oleh karena itulah untuk menghindari cidera yang bisa terjadi pada lutut ini, salah satu langkah yang terbaik adalah dengan menjaga bobot tubuh Anda tetap ideal. Pastikan bobot tubuh Anda tetap ideal sehingga tidak membebani kerja lutut. Karena apabila mempunyai beban yang berat maka lutut akan lebih rawan untuk mudah cidera daripada ketika Anda mempunyai bobot yang lebih ringan. Oleh karena itulah untuk Anda yang mengalami masalah berat yang berlebihan bisa untuk mulai menguranginya karena juga bermanfaat untuk kesehatan.

  • Menjaga nutrisi yang dikonsumsi

Dan tips selanjutnya untuk dapat menghindari cidera lutut adalah dengan memberikan tubuh nutrisi yang baik untuk dikonsumsi. Nutrisi dan bahan makanan dan minuman yang baik juga sangat berguna dan mempunyai fungsi untuk menjaga kesehatan lutut. Misalnya saja bisa untuk melakukan diet mediterania yang sangat baik untuk lutut. Pada umumnya jenis diet tersebut harus mengkonsumsi banyak buah, sayuran, air putih, dan juga makanan yang mengandung protein.

  • Meningkatkan kekuatan otot quad dan juga hamstring

Tips selanjutnya untuk menghindari cidera pada bagian lutut adalah dengan meningkatkan kekuatan pada otot quad dan juga hamstring. Dimana otot yang ada di sekitar lutut tersebut semakin kuat juga akan mengurangi resiko cidera yang dapat terjadi. Adapun untuk meningkatkan kekuatan otot quad dan hamstring adalah dengan melakukan banyak kegiatan angkat beban.

Baca Juga Masalah Kesehatan yang Menyebabkan Cidera Lutut yang Perlu Ditangani

  • Melakukan pemanasan sebelum olahraga

Dan tips terakhir untuk menghindari cidera lutut yang paling sering terjadi adalah usahakan untuk selalu melakukan pemanasan ketika akan berolahraga. Lakukan pemanasan setidaknya 5 hingga 10 menit sebelum akan melakukan olahraga. Terutama untuk olahraga angkat beban yang akan memberikan kinerja lebih pada bagian lutut, sehingga akan lebih baik selalu melakukan pemanasan yang maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>