4 Tahapan Posisi dalam Olahraga Lompat Tinggi

Selain dengan memperhatikan aturan-aturan dalam olahraga lompat tinggi, Anda juga perlu untuk mengetahui 4 tahapan dalam melakukan olahraga yang menjadi salah satu cabang olahraga atletik ini. Sebagai pengetahuan saja, olahraga ini bertujuan untuk memperoleh lompatan yang setinggi-tingginya saat melewati mistar dengan ketinggian tertentu. Minimal tinggi mistar yang harus dilompati atlet adalah 2,5 meter dengan panjang 3 meter. Berikut ini adalah 4 tahapan posisi dalam olahraga ini:

Baca juga: Penjelasan Gaya dan Juga Teknik Lompat Tinggi Straddle

  • Posisi awalan.

Ketika Anda akan melompat, hal yang pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan berlari menuju ke arah mistar yang dipakai untuk melakukan lompatan. Awalan disini haruslah tepat dan juga tetap. Langkah, irama serta kecepatan dalam melakukan awalan harus tetap karena saat akan melompat, kita harus mengetahui gaya apa yang akan kita gunakan untuk menentukan sudut awalan. Untuk gaya Scots adalah sekitar 30-45 derajat, gaya gunting 40-50 derajat, gaya guling sisi maupun gaya straddle 40 derajat serta gaya flop sekitar 70-85 derajat lalu mengecil jadi 30-45 derajat.

  • Posisi tolakan.

Posisi tolakan pada lompat tinggi merupakan posisi menggerakkan tumpuan kaki yang terkuat (bisa kanan bisa kiri) pada lantai pijakan untuk menaikkan tubuh kita menuju mistar. Saat bertumpu, kaki harus berada pada titik/area tumpu. Untuk menemukan titik tumpu yang terbaik adalah harus dengan latihan yang banyak. Jika titik tumpu Anda terlalu dekat dengan posisi mistar, maka badan Anda akan terkena mistar saat tubuh Anda melambung ke atas. Namun bila titik tumpu terlalu jauh, maka nanti badan Anda akan terkena mistar saat mulai bergerak turun sehingga dari kedua peristiwa tersebut, lompatan Anda dianggap gagal atau tidak sah.

  • Posisi melayang.

Posisi melayang ini adalah posisi saat badan Anda berada di atas mistar/bar. Posisi ini akan Anda peroleh ketika Anda sudah melakukan tumpuan dan melambungkan badan Anda. Pada saat itu juga, badan Anda akan sejenak melayang ke udara. Saat melakukan gerakan ini, usahakan agar kedudukan titik berat badan Anda sedekat mungkin dari posisi mistar. Titik tinggi saat Anda melambung maksimal haruslah tetap di atas dan berada di bagian tengah mistar. Lakukan gerakan melayang ini dengan tenaga minimal untuk menghindari gerakan-gerakan lain yang tidak penting.

  • Posisi mendarat.

Posisi mendarat merupakan gerakan terakhir dari olahraga lompat tinggi. Dimana pada posisi ini adalah posisi saat jatuhnya badan Anda untuk mendarat di atas matras. Cara melakukan posisi pendaratan ini tergantung dari gaya masing-masing atlet. Ada 2 hal yang perlu Anda perhatikan dalam posisi ini, yang pertama lakukan dengan posisi standar yang telah ditetapkan dan yang kedua adalah posisikan badan Anda sedemikian rupa agar terhindar dari cidera pada bahu, punggung, bahkan kepala.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>