4 Olahraga Tradisional Asal Indonesia yang Dipertandingkan dalam Kejuaraan Dunia

Olahraga memang menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan umat manusia. Pasalnya, selain untuk menjaga kesehatan, olahraga juga menjadi hiburan yang permainannya memberikan euphoria tersendiri. Sudah hafal bukan dengan kemeriahan FIFA World Cup? Banyak negara yang timnya tidak bermain pun juga turut merayakan kehebohannya. Cabang olahraga lain pun begitu. Sebut saja NBL serta Piala Thomas dan Uber dalam cabang bulutangkis. Kejuaraan dalam cabang-cabang olahraga tersebut ibarat kata sudah menjadi tontonan wajib di seluruh dunia. Namun tahukah kamu selain olahraga tersebut, terdapat cabang-cabang yang merupakan olahraga tradisional asal suatu negara?

4 Olahraga Tradisional Asal Indonesia yang Dipertandingkan dalam Kejuaraan Dunia

Terdapat hal yang membedakan cabang olahraga biasa dengan tradisional. Hal ini karena olahraga tersebut umumnya berasal dari tradisi suatu daerah tertentu. Ambil contoh Capoeira. Cabang olahraga tradisional asal Brazil yang dikembangkan oleh para budak Afrika ini digilai di seluruh dunia. Atau bisa juga Taekwondo. Cabang olahraga tadisional asal Korea ini juga memiliki penikmat banyak di berbagai negara. Indonesia pun tidak ketinggalan. Dengan negara yang luas serta budaya yang berbeda-beda tentu membuat berbagai macam olahraga tradisional lahir disini.

Inilah 4 jenis olahraga tradisional asal Indonesia yang bahkan juga dipertandingkan dalam ajang kejuaraan dunia :

  • Sepak Takraw

Meski pernah dikalim oleh beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, Laos, dan Thailand, sepak takraw sejatinya merupakan olahraga asli Indonesia yang berasal dari Sulawesi Selatan pada masa Kesultanan Melayu di abad 15. Yang membedakan sepak takraw dengan sepak bola pada umumnya adalah cara permainannya yang seperti bola voli namun menggunakan kaki seperti sepak bola. Permainan ini merupakan cabang olahraga yang juga dimainkan dalam kejuaraan di dunia.

  • Pencak Silat

Pencak silat muncul pada abad ke-7 Masehi dari para pendekar Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya yang dikenal jago bela diri. Hal ini dibuktikan dari adanya artefak-artefak senjata pada masa Hindu-Budha serta relief posisi kuda-kuda dalam persilatan di Candi Prambanan dan Borobudur. Karena keunikannya yang berbeda dari olahraga seperti Judo, Taekwondo maupun Jitsu, pencak silat menjadi salah satu cabang olahraga pada ajang Internasional yang ditunggu kehadirannya.

  • Tarik tambang

Olahraga yang menjadi agenda wajib dalam peringatan 17 Agustus ini juga menjadi salah satu kejuaraan dunia lho. Keseruannya yaitu saat dua grup saling menarik tambang dari arah berlawanan hingga salah satunya tertarik ke arah lawan.

  • Tarung Drajat

Olahraga ini diciptakan oleh Ahmad Drajat dan dikembangkan pada 1960-an di Bandung, Indonesia. Kini, cabang olahraga ini menjadi pelatihan dasar bagi TNI AD dan juga diikutsertakan dalam SEA GAMES.

Baca juga Mengulas Jenis Olahraga Tradisional dan Manfaat yang Akan Anda Dapatkan dengan Memainkannya

Demikianlah 4 jenis cabang olahraga tradisional asal Indonesia yang sudah dikenal dan dipertandingkan dalam kejuaraan dunia. Kita patut berbangga, bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>