4 Manfaat Yoga Bisa Mengurangi Kecemasan

Manfaat yoga — Beberapa manfaat kesehatan utama dari olahraga yoga meliputi:

   Darah rendah

   Tidur lebih baik

   Kurang kecemasan

   Penyembuhan lebih cepat

   Berkurangnya penggunaan obat-obatan, alkohol dan rokok

   Turunkan kolesterol

   Respon kekebalan lebih kuat

Pengurangan hormon stres membawa banyak manfaat

Hasil di atas telah ditunjukkan dalam banyak penelitian ilmiah yang ketat, beberapa di antaranya disebutkan di bawah ini. Periset telah menemukan bahwa yoga menurunkan kadar hormon stres. Sebenarnya, dengan menurunkan tingkat satu hormon – epinefrin – meditasi yoga tersebut telah terbukti mengurangi jumlah kolesterol dalam darah dan karena itu membantu arteri tetap bersih. Pengurangan hormon stres juga mendukung fungsi sehat dari sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: MANFAAT YOGA BUAT KESEHATAN JANGKA PANJANG

Gelombang Alpha dan relaksasi yang dalam

Pengurangan hormon stres ini dapat dijelaskan oleh keadaan rileks yang terjadi melalui meditasi. Electroencephalograph (EEG) studi otak pada mereka yang bermeditasi menunjukkan bahwa meditasi meningkatkan intensitas gelombang alpha – berhubungan dengan keadaan tenang dan reseptif – sampai tingkat yang tidak terlihat bahkan saat tidur. Keadaan santai ini melawan kecemasan, dan ini dikonfirmasi oleh penelitian yang telah menemukan tingkat asam laktat yang rendah dalam darah. (Tingkat asam laktat yang tinggi terkait dengan kecemasan.) Efek manfaat yoga  lainnya adalah pernapasan melambat, sehingga tubuh menggunakan lebih sedikit oksigen.

Yoga membantu jantung

Yoga telah ditemukan sangat membantu jantung. Meditator telah ditemukan memiliki sirkulasi darah yang lebih baik, serta detak jantung yang diturunkan, yang menempatkan lebih sedikit tuntutan pada jantung. Sebuah penelitian tahun 1998 yang diterbitkan dalam Psychosomatic Medicine menunjukkan bahwa orang-orang yang mempraktikkan meditasi transendental (TM) memiliki tingkat peroksida lipid lebih rendah daripada mereka yang tidak. Peroksida lipid dapat menyebabkan aterosklerosis dan penyakit kronis lainnya yang terkait dengan penuaan. Sebuah studi tahun 1999 yang diterbitkan dalam jurnal yang sama menunjukkan bahwa orang-orang yang mempraktikkan TM memiliki tekanan darah rendah segera setelah yoga daripada kelompok kontrol.

Bantuan untuk Fibromyalgia, Psoriasis, IBS, dan Lainnya

Studi tahun 1998 tentang Terapi Alternatif menunjukkan bahwa meditasi & olahraga yoga membantu mengurangi gejala seperti rasa sakit dan kurang tidur pada pasien dengan fibromyalgia, penyakit yang ditandai dengan nyeri otot, kelelahan, dan depresi ringan sampai sedang.

Dalam sebuah studi tahun 1998 di University of Massachusetts Medical Center, pasien psoriasis yang mendengarkan rekaman meditasi kesadaran selama terapi sinar ultraviolet mereka mengalami penyembuhan lebih cepat daripada mereka yang memiliki terapi ringan saja.

Manfaat yoga juga telah dikaitkan dengan rentang hidup yang lebih lama, kualitas hidup yang lebih baik, lebih sedikit rawat inap, dan mengurangi biaya perawatan kesehatan. Ini juga menunjukkan harapan sebagai terapi tambahan untuk mengurangi depresi ringan, insomnia, sakit kepala tegang, sindrom iritasi usus besar, dan sindrom pramenstruasi (PMS), dan juga dalam mengendalikan penyalahgunaan zat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>