4 Faktor Pertimbangan untuk Memilih Sepatu Lari yang Terbaik

Sepatu lari atau running shoes adalah model sepatu olahraga khusus yang cocok digunakan untuk lari. Misalnya sepatu ini cocok dipilih untuk pelari, jogging, dan juga kegiatan lainnya yang membutuhkan lari. Untuk mendapatkan sepatu yang cocok dan terbaik sendiri tentunya memerlukan beberapa pertimbangan tepat sehingga nantinya mendapatkan jenis dan pilihan running shoes yang bagus. Misalnya saja empat faktor pertimbangan untuk memilih running shoes adalah sebagai berikut ini:

4 Faktor Pertimbangan untuk Memilih Sepatu Lari yang Terbaik

  • Permukaan berlari

Faktor pertama yang harus diperhatikan ketika akan memilih sepatu yang cocok untuk lari adalah dari permukaannya. Hal ini penting sehingga mendapatkan sepatu yang tepat untuk digunakan dipermukaan yang akan digunakan berlari. Apakah akan memilih sepatu yang cocok digunakan untuk jalanan aspal ataupun di jalanan yang berbatu. Selain itu juga ada pertimbangan sepatu yang bisa dipilih dan digunakan untuk berlari di dalam ruangan sehingga membutuhkan sepatu yang tidak licin dan sesuai dengan lantai stadion. Dengan memilih sepatu yang tepat berdasarkan permukaan tempat berlari tersebut akan mempunyai beberapa keuntungan seperti dapat meredam benturan dan juga membuat langkah yang lebih stabil. 

  • Jenis dan style lari

Faktor selanjutnya yang dapat digunakan untuk memilih sepatu lari adalah dari jenis dan style lari pembeli. Misalnya saja dapat untuk memilih sepatu yang cocok maka bisa untuk menyesuaikan jenis larinya. Apakah sepatu untuk jogging, sepatu untuk kecepatan tinggi jarak pendek, atau sepatu untuk lari jarak jauh. Karena nantinya akan dapat memilih sepatu sesuai dengan kategori tersebut yang memang dipasaran menyediakan jenis yang sesuai dengan pilihan lari tersebut. 

Baca juga: Mendapatkan Sepatu Olahraga Bermerk dan Asli Bisa Dilakukan dengan Cara Ini!

  • Bentuk kaki pelari

Hal lainnya yang dapat untuk memilih sepatu untuk lari yang tepat adalah dari bentuk kakinya. Karena bentuk kaki orang berbeda-beda maka hal tersebut yang juga dapat menjadi panduan untuk memilih sepatu untuk lari yang tepat. Misalnya beberapa bentuk kaki yang bisa diperhatikan dan menjadi panduan untuk memilih sepatu adalah yang mempunyai telapak kaki di tengah, overpronation, telapak kaki miring ke dalam, underpronation, dan juga telapak miring yang ke arah luar. Sehingga dengan memilih sepatu yang tepat sesuai dengan bentuk kaki tersebut akan mendapatkan sepatu yang nyaman digunakan selama berolahraga lari. 

  • Berat badan pelari

Dan faktor terakhir yang dapat digunakan untuk memilih sepatu lari yang tepat adalah dari berat badan pemakainya. Hal ini menjadi penting karena akan mempengaruhi benturan kaki ke permukaan tanah. Untuk yang mempunyai berat badan yang semakin berat akan membuat benturan yang lebih besar ke permukaan. Dan hal tersebut nantinya akan menentukan bantalan sepatu yang tepat untuk dipilih agar meredam benturan sesuai berat badan tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>