Tips Memilih Baju Dan Celana Olahraga Yang Nyaman

Baju dan celana olahraga mempengaruhi performa dan kenyamanan saat berolahraga. Oleh sebab itu memilih pakaian olahraga harus dilakukan dengan teliti dan serius. ada beberapa kriteria pemilihan pakaian khusus olahraga. Lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini:

Pilihan Bahan kain Yang Tepat

Salah satu elemen pakaian olahraga yang tepat adalah bahan yang digunakan. Semakin baik bahannya maka semakin efektif kenyamanan saat digunakan. Berikut bahan pakaian yang patut Anda perhitungkan:

  • Pakaian Bahan Katun

Baju dan celana olahraga yang terbuat dari bahan katun mampu menyerap keringat dengan baik. Namun bahan itu tidak bisa menguap kembali keringat dengan cepat, sehingga keringat menempel di serat kain lebih lama. Hal ini bisa menyebabkan pakaian menjadi terasa lebih berat dan lembab. Bahan ini bisa digunakan untuk olahraga namun yang tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat.

  • Bahan Sintesis

Pakaian olahraga bahan sintesis biasanya dilengkapi sumbu yang membantu mempercepat penguapan keringat langsung dari kulit. Umumnya bahan sintesis mengandung polopropilen yang bisa membuat baju tidak sebasah bahan lainnya. Bahan ini bisa digunakan untuk olahraga namun bisa membuat Anda merasa tidak nyaman karena bahan ini hanya bisa mempercepat penguapan bukan menyerap keringat.

  • Bahan Karet Dan Plastik

Baju olahraga yang terbuat dari bahan karet atau plastic sebaiknya dihindari karena bisa menysahkan tubuh dan sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik. Suhu tubuh yang tinggi karena keringat tidak bisa keluar dan tertahan di dalam tubuh.

Pemilihan Ukuran, Panjang Dan Warna Pakaian

Memilih ukuran pakaian bisa disesuaikan dengan selera dan kesukaan Anda. Namun hindari menggunakan pakaian dan celana olahraga yang terlalu ketat, terutama di bagian sendi. Karena bisa menyebabkan gerakan Anda terganggu atau beresiko mengganggu aliran darah.

Panjang baju dan celana bisa disesuaikan dengan jenis olahraga yang dilakukan. Sebaiknya hindari menggunakan celana panjang jika akan melakukan olahraga sepeda.Hal ini untuk mencegah resiko celana menyangkut di pedal. Celana untuk lari sebaiknya menggunakan celana yang tidak terlalu ketat atau terlalu longgar karena celana yang terlalu ketat bisa menyebabkan gerakan lari terbatas dan bisa menyebabkan iritasi. Pilih celana yang ukurannya pas sesuai dengan ukuran tubuh Anda.

Sedangkan jika Anda akan melakukan olahraga yoga atau senam lainnya, gunakan pakaian yang tepat. Bagi wanita agar lebih nyaman dan aman sebaiknya gunakan bra khusus olahraga. Bra olahraga dapat membantu fleksibilitas dan melindungi payudara.

Selain itu yang tidak kalah penting adalah pemilihan warna baju dan celana. Apabila olahraga dilakukan di jalan umum sebaiknya gunakan pakaian yang warnanya cerah. Selain mampu memantulkan panas, para pengendara bisa melihat dengan jelas sehingga mencegah kecelakaan.

Baju dan celana olahraga yang tepat membuat kegiatan olahraga menjadi lebih menyenangkan dan manfaatnyapun akan lebih terasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>