Miliki Tubuh yang Proporsional dengan Cek Berat Badan Ideal Anda!

berat badan ideal

Setiap manusia diciptakan dengan ukuran tubuh yang beragam dan unik. Meskipun demikian, memiliki berat badan ideal merupakan dambaan setiap orang. Bukan berarti tidak mencintai diri sendiri, memiliki berat badan ideal merupakan salah satu usaha untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebab, obesitas tentu saja berpengaruh buruk bagi kesehatan terutama jantung. Tidak hanya obesitas, memiliki berat badan yang terlalu ringan juga bukan hal baik. Dengan kata lain, memiliki berat badan yang ideal merupakan langkah penting agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari resiko penyakit. Sehingga anda dapat senantiasa beraktivitas dengan maksimal.

Nah, tentu anda penasaran bagaimana cara menghitung berat badan ideal? Jangan khawatir, artikel ini akan membahasnya untuk anda. Yuk, simak!

Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Broca

Cara menghitung berat badan ideal yang pertama adalah dengan menggunakan rumus broca. Rumus ini ditemukan oleh Paul Broca. Pada rumus ini, terdapat perbedaan dalam cara menghitung berat badan ideal wanita dan pria. Hal ini disebabkan karena pria dan wanita memiliki komposisi tubuh yang berbeda.

a. Berat Badan Ideal Pria
[tinggi badan (cm) – 100] – [tinggi badan (cm) – 100] x 10%
Contoh: anda adalah seorang pria dengan tinggi badan 180 cm. Maka berat badan ideal anda adalah :
Berat badan ideal = (180 – 100) – [(180 – 100) x 10%]
= 80 – 8
= 72 kg.

b. Berat Badan Ideal Wanita
[tinggi badan (cm) – 100] – [tinggi badan (cm) – 100] x 15%
Contoh: anda adalah seorang wanita dengan tinggi badan 168 cm. Maka berat badan ideal anda adalah :
Berat badan ideal = (168 – 100) – [(168 – 100) x 15%]
= 68 – 10.2
= 57.8 kg.

Menghitung Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI

Cara menghitung berat badan ideal menggunakan kalkulator BMI merupakan mengukur berdasarkan tinggi dan berat badan. Perhitungan berat badan ideal menggunakan rumus BMI dibedakan berdasarkan usia. Penghitungan ini dapat digunakan apabila anda berusia diatas 20 tahun.

Dengan menggunakan kalkulator BMI, anda dapat mengetahui apakah berat badan anda termasuk ideal atau tidak. Akan tetapi, perhitungan menggunakan BMI dapat menimbulkan kesalahpahaman. Terutama bagi atlet atau olahragawan. Sebab, berat badan juga dapat berasal dari pembentukan massa otot. Sehingga seorang atlet bisa saja dianggap memiliki berat badan berlebih padahal sebenarnya tidak demikian.

Dalam kalkulator BMI, terdapat beberapa keterangan mengenai hasil perhitungan.
Angka BMI normal berada pada kisaran 18,5 – 25.
Jika angka BMI berada diatas 25, maka anda memiliki berat badan berlebih.
Jika angka BMI berada dibawah 18, maka anda kekurangan berat badan.
Jika angka BMI diatas 40, maka anda dianjurkan untuk diet. Sebab angka ini menunjukkan tanda bahaya.

Adapun cara menghitung berat badan ideal menggunakan kalkulator BMI adalah:
Berat badan (kg) ÷ Tingi Badan (m)
Contohnya: anda memiliki berat badan 57 kg dan tinggi badan 1.73 m. maka nilai BMI anda adalah = 57 kg ÷ 1.73 m
= 19.0
Hal ini berarti, anda memiliki berat badan yang normal.

Itulah tadi beberapa cara menghitung berat badan ideal baik bagi pria ataupun wanita. Hal yang perlu anda ingat adalah, tidak semua orang dapat menggunakan cara diatas untuk mengukur berat badan ideal. Seperti halnya atlet atau anda yang gemar melakukan olahraga untuk membentuk massa otot. Sebab, memiliki massa otot yang sedikit berlebih dapat menunjukkan berat badan diatas normal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya!