Home Sports Mengenal Passing, Salah Satu Teknik Dasar Bola Basket

Mengenal Passing, Salah Satu Teknik Dasar Bola Basket

by Erin Nuzulia
teknik dasar bola basket

Passing tentunya merupakan salah satu teknik dasar bola basket, bisa dibilang ini adalah teknik paling dasar yang harus seseorang kuasai jika ingin mahir bermain bola basket. Secara umum, passing adalah mengumpan atau mengoper bola kepada rekan satu tim. Dalam bola basket, passing boleh dilakukan dengan satu maupun dua tangan. Tapi tidak hanya sesimpel itu, banyak jenis-jenis passing yang harus kita kuasai untuk dapat bermain bola basket dengan benar. Sebelum menguasai teknik-teknik lanjutan lainnya, passing adalah teknik mutlak yang harus dikuasai, karena teknik passing ini adalah penentu lancar atau tidaknya aliran bola dalam permainan bola basket.

Oh iya, kali ini kita akan membahas tentang teknik passing saja ya, kalau kamu ingin tahu teknik dasar bola basket lainnya, kamu bisa cek di https://review.bukalapak.com/sports/5-teknik-dasar-bola-basket-yang-harus-dikuasai-70470

Sebenarnya jenis-jenis passing ini ada banyak di dalam teknik bermain basket, namun kali ini kita akan bahas 3 yang paling dasar saja ya, karena setelah kamu terampil menguasai ketiga teknik passing dasar ini, kamu akan siap untuk mempelajari teknik lanjutan yang lainnya.

Oke deh, tanpa berlama-lama lagi, sekarang cek yuk 3 jenis passing dasar dalam bermain bola basket.

Mengenal Passing, Salah Satu Teknik Dasar Bola Basket

  1. Chest Pass

teknik dasar bola basket

Sesuai namanya, teknik Chest pass dilakukan dengan cara melempar bola searah dan sejajar dengan dada, dilihat dari teknik pengoperannya, chest pass ini bisa dibilang merupakan yang paling efektif terlebih ketika pemain sedang tidak dijaga/dibayang-bayangi.

Urutannya adalah dimulai dari posisi triple threat dengan ibu jari menghadap atas ketika kamu memegang bola, tujuannya adalah supaya ketika diberikan dorongan, bola akan mengalami efek berputar ke belakang atau back spin.

Dan pada akhir gerakan, ibu jari harus menghadap ke bawah. Dan yang tidak boleh dilupakan adalah, kita harus melakukan pivot ketik passing. Apa itu pivot?  Pivot adalah gerakan memutar badan (sambil memegang bola basket) dengan satu kaki sebagai tumpuan.

Baca Juga:  Inilah 7 Persiapan untuk Trek Panjang Dengan Road Bike!

 

  1. Bounce Pass

teknik dasar bola basket

Teknik passing yang kedua adalah Bounce Pass. Dalam bahasa Inggris, bounce artinya ‘memantul’. Nah sesuai dengan definisi tersebut, bounce pass dalam bola basket juga bisa diartikan sebagai operan atau lemparan memantul.

Gerakan yang dilakukan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan teknik chest pass, hanya saja arah bola diberikan teknik memantul ke sekitar dua per tiga dari jarak penerima bola. Pengoper juga perlu membuat perkitaan agar pada akhirnya bola memantul ke arah pinggul penerima.

 

  1. Overhead Pass

teknik dasar bola basket

Jenis passing dasar terakhir dari teknik dasar bola basket ini adalah overhead pass. Lagi-lagi kita lihat istilahnya dalam bahasa Inggris. Overhead bisa diartikan ‘melampaui kepala’. Ya, teknis passing ini pun pastinya dilakukan dengan cara melempar di atas kepala lawan.

Overhead Pass ini sangat efektif untuk dimanfaatkan ketika tim pertahanan lawan menggunakan pola zone defense. Tapi sebelum kamu melakukan operan ini, perhatikan dulu beberapa tips berikut dalam melakukan overhead pass:

  • Pertahankan posisi siku minimal sejajar dengan kepala.
  • Kekuatan dorongan passing ini hanya terpusat pada siku, pergelangan tangan, dan jari-jari. Sementara bahu hanya menjadi topangan siku agar tetap sejajar dengan kepala.
  • Yang tidak kalah penting adalah posisi ibu jari. Posisi awal ibu jari menghadap ke belakang dan posisi akhir menghadap ke arah sebaliknya.
  • Jika kamu butuh tambahan tenaga untuk melakukan dorongan, kamu bisa melakukan pivot.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More