Ini Pilihan Jenis Olahraga dan Manfaatnya

Olahraga adalah kegiatan dan aktifitas yang menyenangkan. Aktifitas olahraga dapat dilakukan oleh siapapun. Baik tua maupun muda dapat menikmati berbagai macam jenis olahraga. Olahraga dilakukan bukan tanpa sebab. Alasan yang menjadikan olahraga sebagai aktifitas yang tak boleh ditinggalkan ialah banyaknya manfaat yang diperoleh saat melakukannya. Apapun gerakan olahraga yang dilakukan, semuanya akan berdampak baik bagi tubuh dan jiwa seseorang. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan olahraga kapanpun dan dimanapun. Anda juga bisa memilih olahraga apa yang cocok untuk kondisi tubuh. Terlebih lagi saat ini perkembangan jaman sudah membuat olahraga menjadi prioritas utama.

Olahraga secara umum terbagi menjadi dua jenis, yaitu olahraga jenis kardiovaskular dan olahraga jenis pembentukan atau shaping. Masing-masing dari kedua jenis tersebut masih terbagi lagi menjadi beberapa macam olahraga. Berikut adalah yang termasuk jenis olahraga pertama:

  1. Olahraga jalan cepat. Olahraga ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan juga membuat tubuh menjadi lebih bugar.
  2. Olahraga lari. Anda tentu pernah melakukan olahraga yang satu ini. Olahraga masuk ke dalam jenis kardiovaskular karena melalui lari, jantung seseorang akan lebih sehat.
  3. Olahraga senam. Senam termasuk olahraga ringan dan mengasyikkan. Banyak orang melakukan olahraga ini dengan tujuan yang sama dengan olahraga sebelumnya.
  4. Olahraga lari. Olahraga lari merupakan olahraga yang melibatkan fisik sehingga sangat bagus untuk kesehatan jantung setiap orang.
  5. Olahraga berenang. Berenang juga termasuk salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan aktifitas jantung setiap orang.
  6. Olahraga bersepeda. Olahraga ini banyak digandrungi anak muda lantaran sangat menyehatkan.

Keenam olahraga di atas adalah ragam olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular tiap orang. Sementara itu, berikut ini adalah olahraga-olahraga yang masuk ke dalam kategori olahraga pembentukan tubuh atau shaping:

  1. Olahraga angkat beban. Latihan angkat beban biasanya dilakukan untuk membentuk otot-otot tubuh agar lebih indah.
  2. Olahraga sit up. Olahraga sit up sering dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot pada tubuh seseorang.
  3. Olahraga push up. Push up diperagakan dengan menahan beban tubuh melalui kedua tangan. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan stamina.
  4. Olahraga pilates. Pilates ialah olahraga yang lebih mengandalkan sistem pernapasan. Olahraga ini juga sering dilakukan para olahragawan dalam membentuk lekukan tubuh yang indah.

Setiap olahraga yang Anda pilih dan dilakukan akan memberikan manfaat yang besar. Berikut adalah sejumlah manfaat olahraga secara umum:

Baca juga: MENYINGKAP RAHASIA OLAHRAGA YOGA UNTUK KESEHATAN

  1. Menyembuhkan penyakit. Selain dilakukan untuk menghindarkan diri dari segala macam penyakit, olahraga juga bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Misalnya saja sesak nafas dan kelumpuhan.
  2. Mempercantik diri. Olahraga rupanya juga bisa dilakukan untuk mempercantik diri.

Selain kedua manfaat di atas, masih ada manfaat lain yang bisa didapat dari olahraga terutama untuk psikologis seseorang. Manfaat lain di bidang psikologis salah satunya ialah dapat menyegarkan pikiran. Olahraga yang dilakukan dengan pola waktu dan cara yang benar akan membuat pikiran menjadi lebih segar dan tenang. Olahraga ini misalnya saja yoga dan senam.

Demikianlah wawasan bertopik jenis olahraga dan beberapa manfaatnya untuk kesehatan tubuh serta psikologis seseorang. Dari sejumlah olahraga di atas, lantas manakah olahraga favorit Anda saat ini. Sudahkah Anda melakukannya secara rutin dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan Anda selama ini? Bila belum, lakukanlah terus olahraga tersebut dan diimbangi dengan konsumsi buah serta sayur serta perbanyak asupan air tiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>