Home Tips Olahraga Cara & Tips Olahraga Basket

Cara & Tips Olahraga Basket

by Savannah Jenkins

Tips Olahraga — Olahraga basket, adalah salah satu olahraga yang cukup populer di Indonesia, selain sepakbola. Olahraga basket biasanya sering dijadikan ekstrakulikuler di sekolah-sekolah. Anak-anak muda di Indonesia, pun sangat menyukai olahraga satu ini.

Di bawah ini ada cara & tips olahraga basket yang disarankan oleh para ahli dibidang olahraga basket:

Baca juga: Tips Membeli Jersey Basket Yang Berkualitas

Latihan Teknik Bermain bola basket

menggunakan Bentuk dan berbagai formasi:

  1. 1. Teknik Kombinasi latihan operan pantulan dan menggiring bola dan bermacam – macam teknik dasar menggiring dan melempar. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara :
  2. Pemain dibagi menjadi tiga baris berbanjar, ketiga barisan membentuk posisi segitiga yang saling berhadapan.
  3. Latihan awal, jarak antar barisan masing – masing 6 meter, semakin lama jarak diperpanjang sampai 9 meter.
  4. Kemudian latihan semakin dipercepat.
  5. Pemain 1 menggiring bola ke arah Pemain 2 kemudian bola diberikan kepada pemain Pemain 2 dengan cara teknik operan pantul, Pemain 1 kemudian langsung lari ke belakang barisan Pemain 2.
  6. Selanjutnya Pemain 2 menerima bola dan menggiring ke arah Pemain 3, selanjutnya bola diberikan kepada pemain 3 dengan teknik operan pantul juga, dan pemain 2 lari ke belakang barisan pemain 3.
  7. Kemudian Pemain 3 menerima bola dan menggiring ke arah pemain 1, selanjutnya bola diberikan kepada pemain 1 dengan teknik operan pantul juga, pemain 3 langsung lari ke belakang barisan Pemain 1.
  8. Begitu juga seterusnya atau dapat melihat gambar diatas, lakukan gerakan Diatas secara terus menerus dan Secara Rutin

Teknik Latihan dalam

Permainan Bola Basket:

  1. Latihan kombinasi menggiring bola, merebut bola, lay up, dan melempar bola.

Cara Latihan kombinasi menggiring bola, merebut bola, lay up, dan melempar bola adalah sebagai berikut :

  1. Pemain dibagi atas tiga baris berbanjar. Kemudian barisan pertama berdiri di belakang garis tengah lapangan, untuk barisan kedua berdiri pada tepi luar atau dekat dengan ring basket yang siap mengambil bola. Sedangkan pada barisan ketiga sama dengan barisan pertama, tetapi saling berseberangan.
  2. Semakin lama lakukan gerakan diatas juga semakin cepat.
  3. Pemain pertama menggiring bola dan selanjutnya melakukan gerakan lay up, selanjutnya pemain pertama segera belari ke belakang barisan pemain ke 2. Pemain kedua merebut bola yang dimainkan oleh pemain pertama tadi.
  4. Pemain kedua menggiring bola ke arah pemain ketiga dan memberikan bola kepada pemain ketiga. Setlah itu pemain ke dua lari ke belakang barisan pemain ketiga.
  5. Pemain ketiga menggiring bola ke arah barisan pemain pertama dan mengumpan bola kepada pemain belakang sendiri. Setelah itu pemain ketiga langsung lari ke belakang barisan pemain satu.
  6. Begitu seterusnya. Lakukan latihan diatas berulang – ulang hingga menguasai teknik Dasar Permainan Bola Basket dan juga tips olahraga ini.

 

Baca Juga:  Model & Harga Pakaian Olahraga Pria Terkini, Maret 2017

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More