Berbagai Bahan Kaos untuk Pakaian Olahraga

Beberapa tahun belakangan ini di pasaran muncul kaos baru yaitu pasar pakaian olahraga. Permintaan untuk pakaian ini semakin lama juga semakin mengalami kenaikan, hal ini dikarenakan maraknya olahraga seperti futsal, sepakbola dan bulu tangkis ikut menjadi pendorong permintaan pasar. Inilah sebabnya, industri kaos olahraga pun semakin meningkat. Sebenarnya, bahan kaos yang digunakan untuk kostum olahraga berbeda dengan kaos yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Kaos yang digunakan sehari-hari memiliki kriteria seperti kapas yang lembut, dingin dan lebih menyerap keringat. Bahan untuk kaos olahraga haruslah ringan dan tidak menyerap keringat.

Baca Juga: FUNGSI OLAHRAGA ZUMBA UNTUK KESEHATAN

Lantas, bahan kaos seperti apa yang masuk di dalam kriteria tersebut? Pertama, kaos berbahan serena. Bahan kaos ini merupakan bahan yang sering dipergunakan untuk membuat kaos olahraga dengan mutu kelas menengah. Bahan serena masih sedikit panas, namun ia jauh lebih ringan. serena ini juga mudah kering dan efektif untuk mengalirkan keringat. Kain serena mempunyai rajutan yang kurang kuat sehingga kurang tepat jika digunakan untuk kaos yang bermodel border.

Bahan kaos pakaian olahraga yang kedua ada hyget. Bahan hyget sebenarnya merupakan bahan yang dijadikan sebagai pilihan utama saat membuat kaos olahraga yang murah. Bahan hyget berasal dari serat sintetis biji plastik. Karena bahan dasar itulah kaos hyget mempunyai efek mengkilap yang berada di permukaannya. Jika Anda membeli kaos olahraga dari bahan hyget, ia akan sangat tipis dan nyaman untuk digunakan. Hyget juga tidak menyerap keringat dan tidak mudah basah. Sayangnya bahan hyget ini kurang awet dalam menahan hasil sablon dan kurang cocok di bordir karena seratnya yang kurang kuat.

Ketiga, ada hyget super. Jika hyget murni kurang terasa nyaman, Anda bisa memilih bahan hyget super. Hyget super lebih berat bila dibandingkan dengan hyget biasa. Bahan hyget juga nyaman untuk digunakan dan tidak lengket, ia tidak menyerap keringat namun cukup efektif untuk mengalirkan keringat, bahan hyget super ini juga cukup kering. Namun, harga hyget super jauh lebih mahal dibandingkan dengan hyget biasa, seringnya hyget super digunakan untuk membuat duplikat jersey bola, permukaan hyget super tidak semengkilat hyget murni sehingga lebih kuat untuk produk sablon.

Keempat, dry fit. Bahan kaos ini juga sangat baik untuk kaos olahraga. Bahan dry fit paling sering digunakan untuk bahan jersey ori. Bahan dry fit sangat ringan dan sangat nyaman dikenakan. Dry fit mempunyai kemampuan mengalirkan keringat yang jauh lebih baik walaupun tidak menyerap keringat namun ia tetap terasa sangat nyaman, bahkan sangat nyaman jika dibandingkan dengan bahan dari kapas campuran. Harga dry fit paling mahal dibandingkan dengan yang lainnya karena dry fit mempunyai keawetan kekuatan rajutan yang sangat baik sehingga ia lebih pas untuk produk bordir. Sebaiknya, dry fit tidak menjadi bahan kaos sablon karena ia kurang bisa mengikat warna.

Bahan kaos pakaian olahraga yang terakhir ada paragon. Sebetulnya bahan hyget merupakan duplikasi dari paragon. Sepintas bahan hyget dan paragon sangat mirip entah di lihat dari sisi permukaannya yang mengkilap hingga rasa ringan saat kita mengenakannya. Bahan paragon juga jauh lebih baik ketika menjadi bahan kaos olahraga model bordir dan sablon karena bahan paragon mempunyai serat rajutan yang jauh lebih rapat dan kuat dengan daya serap yang lebih baik walaupun permukaan di kain akan terasa sangat licin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>