Home Hobbies 7 Jenis Olahraga Kardio yang Dapat Membakar Lemak

7 Jenis Olahraga Kardio yang Dapat Membakar Lemak

by Caswitin
olahraga kardio

Sudah melakukan diet dan mengkonsumsi makanan sehat, akan tetapi berat badan masih tak kunjung turun? Kombinasi diet sehat dengan olahraga kardio dapat menjadi solusi untuk anda. Ada banyak jenis olahraga yang dapat anda pilih, salah satunya adalah olahraga kardio.

Selain efektif menurunkan berat badan, Olahraga kardio terbukti ampuh membakar lemak tubuh. Tidak hanya itu, manfaat lain yang dapat anda rasakan adalah menurunkan stress, menjaga kestabilan gula darah, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Aktivitas ini juga dapat anda lakukan sendiri di rumah maupun di tempat gym.

Yuk, simak beberapa olahraga kardio yang dapat anda lakukan di rumah maupun di tempat gym berikut ini!

1. Jogging

jogging | olahraga kardio

jogging | olahraga kardio

Olahraga kardio paling efektif ini dapat anda lakukan di dalam maupun luar ruangan. Dibandingkan dengan olahraga lari, jogging lebih menekankan pada bagian sendi sehingga sangat cocok bagi anda yang memiliki masalah pada bagian lutut. Olahraga ini juga cocok bagi para pemula sebab gerakannya sangat mudah untuk dilakukan. Setiap 1 km, jogging dapat membakar kalori sebanyak 110. Anda dapat memulai jogging dengan durasi waktu 10-15 menit setiap harinya.

2. Lompat Tali

Lompat Tali | olahraga kardio

Lompat Tali | olahraga kardio

Olahraga kardio untuk membakar lemak yang satu ini hanya membutuhkan waktu 15-20 menit perharinya. Jumlah kalori yang dibakar lumayan besar, sekitar 220 kalori. Selain itu ada banyak sekali variasi yang dapat anda lakukan, diantaranya:
a. Lakukan lompat tali selama 10-30 detik kemudian istirahat selama 10 detik. Ulangi minimal 10 kali atau sebanyak mungkin.
b. Lakukan lompat tali selama 30 – 60 detik serta kombinasikan dengan gerakan jumping jacks, squats, atau push up selama 30 detik.

Baca Juga:  5 Jenis Olahraga Fitnes yang Cocok untuk Si Kurus dalam Membentuk Tubuh

3. Zumba

Zumba | olahraga kardio

Zumba | olahraga kardio

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan olahraga kardio yang satu ini. Zumba merupakan jenis olahraga yang populer baik dikalangan pria ataupun wanita di segala usia. Hal ini disebabkan Zumba memiliki konsep yang asik dan unik. Olahraga ini biasanya berlangsung selama 60 – 90 menit. Zumba terbukti ampuh membakar kalori hingga 400 kalori.

4. High Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT | olahraga kardio

HIIT | olahraga kardio

HIIT merupakan jenis olahraga kardio yang menggunakan intensitas tinggi. Sehingga durasi yang dibutuhkan tergolong singkat dibanding jenis olahraga lainnya. HIIT yang dilakukan secara benar dapat memaksimalkan pembakaran lemak serta meningkatkan metabolisme tubuh selama 24 jam. Anda dapat mencari inspirasi olahraga HIIT di internet. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan agar terhindar dari cedera.

5. Treadmill

Treadmill | olahraga kardio

Treadmill | olahraga kardio

Olahraga kardio yang satu ini paling sering digunakan untuk membakar lemak. Alat ini juga mampu membantu menurunkan berat badan, mengencangkan tubuh, serta meningkatkan kapasitas kardiovaskular. Anda dapat menggunakannya untuk olahraga lari ataupun berjalan cepat. Selain itu, anda juga dapat berlari secepat mungkin selama 30 detik, kemudian berjalan santai selama 1 menit. Hal ini dapat anda sesuaikan dengan level fitness anda, ya!

6. Sepeda Statis

Sepeda Statis | olahraga kardio

Sepeda Statis | olahraga kardio

Berbeda dengan sepeda biasa, anda dapay mengatur intensitas alat olahraga kardio ini sehingga akan lebih susah digunakan. Sepeda statis ini mampu membakar hingga 675 kalori. Wah, menarik bukan?

7. Rowing

 rowing | olahraga kardio

rowing | olahraga kardio

Penggunaan mesin rowing ini akan sangat membantu anda membakar lemak secara cepat. Hal ini juga akan mengoptimalkan otot anda mulai dari atas hingga bawah. Dibanding alat olahraga lainnya, menggunakan rowing terbukti mampu membakar lemak hingga 840 kalori per jam. Akan tetapi, alat ini tergolong sulit digunakan. Diperlukan koordinasi yang baik antara tangan dan kaki. Namun, apabila anda telah menguasainya, penggunaan mesin rowing secara teratur dapat memberikan bentuk tubuh yang ideal.

Baca Juga:  Berbagai Macam Peralatan Olahraga Golf

Nah, itulah tadi beberapa jenis olahraga kardio yang dapat anda coba. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan olahraga ini sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Anda juga dapat mengkombinasikan beberapa jenis olahraga agar tidak mudah bosan. Semoga berhasil, ya!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More