Home Hobbies 10 Peraturan dalam Permainan Bola Basket yang Perlu Anda Ketahui

10 Peraturan dalam Permainan Bola Basket yang Perlu Anda Ketahui

by Caswitin
peraturan bola basket

Segala kegiatan yang dilakukan dalam kehidupan tentu tidak terlepas dari berbagai aturan. Termasuk salah satunya permainan bola basket. Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak digemari masyarakat. Olahraga yang mengandalkan lompatan dan kekuatan lemparan ini banyak dimainkan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Di sekolah pun, bola basket masuk ke dalam muatan kurikulum pelajaran olahraga. Bagi anda yang ingin bermain bola basket dengan benar, berikut adalah peraturan bola basket yang perlu anda ketahui.

peraturan bola basket

peraturan bola basket

1. Peraturan Tentang Lebar Lapangan

Hal utama yang penting untuk diketahui dalam peraturan bola basket adalah mengenai lebar lapangan. Lapangan bola basket memiliki 2 ketentuan ukuran standar yang paling sering digunakan. Ukuran pertama adalah yang dirumuskan oleh National Basketball Association (NBA). Besar lapangan yang diatur adalah panjang 2,85 meter serta lebar 15 meter. Standar ukuran kedua adalah yang dirumuskan oleh Federation Internationale de Football Association (FIBA). Organisasi ini menetapkan besar ukuran lapangan bola basket adalah 26 meter untuk panjang dan lebar 14 meter.

2. Jumlah Pemain dalam Suatu Permainan

Hal penting yang tidak boleh ketinggalan dalam peraturan bola basket adalah jumlah pemain. Jumlah pemain yang ikut bermain dalam satu tim adalah sebanyak 5 orang. Sementara pelatih boleh menyiapkan 5 pemain cadangan. Dan juga 2 orang wasit yang akan memandu jalannya pertandingan. Wasit pertama disebut juga dengan Referee. Sementara wasit kedua disebut dengan Umpire.

3. Durasi Permainan Bola Basket

Sama seperti permainan lainnya, bola basket juga memiliki peraturan waktu atau durasi permainan. Durasi permainan terbagi menjadi dua. Merujuk pada NBA, organisasi ini mengatur durasi permainan selama 4 x 12 menit. Sementara FIBA mengatur selama 4 x 10 menit. Setiap jeda pada masing-masing babak, pemain akan diberi waktu istirahat selama 10 menit. Oleh sebab itu, biasanya satu kali pertandingan bola basket akan berlangsung selama 80-90 menit.

Baca Juga:  Jenis Olahraga Meninggikan Badan yang Ampuh dan Berhasil Kurang dari 1 Bulan

10 Peraturan dalam Permainan Bola Basket yang Perlu Anda Ketahui

4. Pelanggaran 3 Second Violation

Pada lapangan bola basket, terdapat area yang disebut dengan daerah tembakan bebas. Merujuk pada peraturan ini, apabila pemain berada di area tersebut lebih dari 3 detik, maka wasit akan memberikan peringatan. Oleh sebab itu, pemain harus selalu menjaga konsentrasi dan memperhatikan posisi agar tidak mendapat peringatan dari wasit.

5. Pelanggaran Back Ball atau Black Court

Peraturan ini merupakan salah satu peraturan yang jarang diketahui. Sesuai dengan namanya, pelangaran ini tertuju pada pemain yang membawa bola basket ke daerah lawan dengan melewati garis tengah. Sebab, membawa bola ke daerah lawan tidak boleh dilakukan melalui garis tengah.

6. Pelanggaran Traveling atau Walking

Jenis pelanggaran dalam peraturan bola basket ini terjadi apabila pemain membawa bola basket tanpa melakukan dribble dengan jarak perpindahan lebih dari dua langkah. Anda diperbolehkan membawa bola tanpa melakukan dribble dengan tetap memperhatikan perpindahan langkah. Yaitu tidak boleh lebih dari dua langkah.

7. Pelanggaran Double

Peraturan bola basket selanjutnya adalah pelanggaran double. Pelanggaran ini terjadi karena pemain yang melakukan dribble setelah sebelumnya sempat berhenti. Oleh sebab itu, seperti yang dijelaskan sebelumnya, permainan bola basket membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

8. Pelanggaran 8 Second Violation

Dalam mepertahankan bola juga diberikan batasan waktu. Bola tidak boleh berada di wilayah anda selama lebih dari 8 detik. Apabila lebih dari batas waktu, maka pemain akan diberikan peringatan serta lemparan bebas dari pihak lawan.

10 Peraturan dalam Permainan Bola Basket yang Perlu Anda Ketahui

9. Pelanggaran Shot Clock Violation

Pelanggaran jenis ini dalam peraturan bola basket ditujukan kepada pemain yang melakukan penyerangan dengan waktu lebih dari 24 detik sebelum bola berhasil menyentuh ring. Setelah bola menyentuh ring, shot clock akan kembali ke penunjuk angka 24 detik. Namun, apabila bola kembali dipegang oleh tim yang menyerang untuk kedua kalinya, maka shot clock akan menunjuk angka 14 detik.

Baca Juga:  Berbagai Cara Sederhana untuk Kegiatan Olahraga Meninggikan Badan

10. Pelanggaran Jumping

Hal terakhir yang harus diketahui dalam peraturan bola basket adalah pelanggaran jumping. Pelanggaran ini tertuju kepada pemain yang mendadak turun dari lompatan serta tidak jadi melakukan tembakan. Oleh sebab itu, anda harus terbiasa melakukan tembakan dalam sekali lompatan guna menghindari pelanggaran ini.

Demikianlah pembahasan peraturan permainan bola basket. Apabila anda ingin mengetahui peraturan permainan bola basket lengkap, anda dapat membaca buku panduan permainan bola basket yang disusun oleh FIBA. Setelah mengetahui peraturan bola basket, anda dapat mencoba memainkannya sendiri. Sehingga tidak hanya menjadi penikmat dari tontonan televisi.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More